8 PEJUANG KETURUNAN TIONGHOA YANG IKUT BERJUANG DEMI KEMERDEKAAN INDONESIA

8 PEJUANG KETURUNAN TIONGHOA YANG IKUT BERJUANG DEMI KEMERDEKAAN INDONESIA

RumahNKRI – Kita semua tahu kalau kemerdekaan Indonesia diraih dengan perjuangan yang penuh darah dan air mata, sayangnya banyak orang sekarang ini yang justru tidak benar-benar bisa menghargai setiap jasa para pejuang kita. Apalagi sekarang ini kasus yang merebak di Ibukota Jakarta membuat banyak dari kita yang justru jadi sangat rasis terhadap warga keturunan Tionghoa. Padahal perjuangan kemerdekaan Indonesia tidak hanya diraih berkat perjuangan para pahlawan pribumi, tapi ada banyak pejuang keturunan Tionghoa yang ikut berjuang demi tanah air Indonesia.

Sentimentil terhadap warga keturunan Tionghoa memang bukan kali pertama terjadi di Indonesia. Sejak lama banyak orang sampai kelompok tertentu yang seperti memandang orang-orang bermata sipit sebagai golongan yang tidak pantas ada di negeri ini. Pasalnya mereka dianggap sombong, tidak mau menyatu dengan masyarakat pribumi, licik sampai merasa cemburu dengan kesuksesan yang mereka raih. Padahal mereka tidak sadar kalau ada banyak orang-orang Tionghoa yang jadi pejuang demi kemerdekaan Indonesia, sementara mereka yang menyerukan kebencian itu sendiri tidak punya andil apa-apa.

Dalam sejarah ada banyak nama yang tercatat sebagai pahlawan Indonesia berketurunan Tionghoa, namun entah karena keturunannya atau lain hal mereka justru tidak banyak disebutkan. Alhasil mereka seperti pejuang Indonesia yang terlupakan.

Nah, menolak lupa akan peran mereka berikut, 8 pejuang keturunan Tionghoa yang ikut berjuang demi kemerdekaan Indonesia.

Liem Koen Hian


Pastinya Anda sendiri sangat asing dengan nama Liem Koen Hian bukan? Bahkan Anda mungkin lansung negatif saat membaca namanya. Tapi tunggu dulu Liem Koen Hian adalah salah satu pahlawan yang punya nasionalisme tinggi terhadap Indonesia. Bahkan ia juga punya peran yang sangat besar terhadap upaya kemerdekaan Indonesia.Liem Koen Hian adalah salah satu anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Kemerdekaan Indonesia. Dimana selama bergabung Liem Koen Hian selalu mengedepankan pendapat yang sangat nasionalisme, tidak lain karena keinginannya agar Indonesia merdeka.

Wan Moy

8 Pejuang Keturunan Tionghoa yang Ikut Berjuang Demi Kemerdekaan Indonesia oleh SegiEmpatApa yang Anda lakukan saat masih berusia 13 tahun? Mungkin Anda di usia tersebut masih sibuk berkutat dengan masa remaja Anda. Jangan salah, apa yang Anda nikmati saat itu termasuk jerih payah para pejuang kemerdekaan Indonesia salah satunya Wan Moy.

Jika kita di usia 13 tahun, kita sibuk dengan berbagai hal menyenangkan Wan Moy yang merupakan seorang pejuang kelahiran Jawa Tengah ini sudah mengemban tugas berat. Di usianya tersebut Wan Moy sudah menjadi bagian tentara Siliwangi yang bertugas langsung memata-matai Belanda. Selain itu ia juga aktif sebagai anggota Palang Merah Indonesia, dan di masa tugasnya Wan Moy sama sekali tidak pernah membanding-bandingkan antara warga pribumi dengan Tionghoa saat harus merawat para korban perang.

Lie Tjeng Tjoan

8 Pejuang Keturunan Tionghoa yang Ikut Berjuang Demi Kemerdekaan Indonesia oleh SegiEmpatNama pejuang keturunan Tionghoa ini juga sempat menjadi pejuang yang terlupakan, meski pada akhirnya tahun 2009 lalu Lie Tjeng Tjoan akhirnya diakui sebagai salah satu Pahlawan Nasional Indonesia.

Dimasa penjajahan Belanda Lie Tjeng Tjoan adalah seorang Mayor Angkatan Laut Indonesia, ia bertugas sebagai nahkoda kapal kepercayaan Indonesia untuk menyuplai persenjataan yang sangat dibutuhkan para pejuang demi kemerdekaan Indonesia. Ia menjadi satu-satunya Nahkoda rahasia yang sukses menembus pertahanan Belanda saat mengisolasi perairan Indonesia.

Siauw Giok Tjhan

8 Pejuang Keturunan Tionghoa yang Ikut Berjuang Demi Kemerdekaan Indonesia oleh SegiEmpatBagi para Alumnus Universitas Trisakti, Jakarta sosok Siauw Giok Tjhan yang lahir di Kapasan, Surabaya ini pastinya sudah tidak asing lagi. Siauw Giok Tjhan adalah salah satu penggagas cikal bakal Universitas Trisakti.

Di era pemerintahan Presiden Soekarno ia bahkan menjadi salah satu orang kepercayaan Soekarno dan sempat menduduki beberapa jabatan tinggi. Mulai dari Ketua Baperki, Menteri Negara, anggota Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat (BP-KNIP), anggota Parlemen Republik Indonesia Sementara, anggota Majelis Konstituante pemilu 1955 dan Anggota Dewan Pertimbangan Agung.

Sosok Siauw Giok Tjhan sepanjang hidupnya dikenal sebagai seorang nasionalis, bahkan meski ia lahir dari keluarga keturunan Indonesia ia justru lebih suka disebut sebagai pribumi.

Yap Thiam Hien

8 Pejuang Keturunan Tionghoa yang Ikut Berjuang Demi Kemerdekaan Indonesia oleh SegiEmpatSudah jadi rahasia umum kalau banyak masyarakat Pribumi yang justru sibuk menguras kekayaan negeri sendiri demi kepentingan pribadi dan kelompoknya. Namun bukan berarti mereka bisa berlenggang dengan tenang karena sekarang pemerintah sudah mendirikan badan resmi untuk memberantas korupsi.

Jauh sebelum KPK berdiri sejumlah masyarakat pun sudah berusaha melawan semua praktek-praktek korupsi dan salah satunya adalah Yap Thiam Hien. Dia adalah salah satu pejuang keturunan Tionghoa yang gigih melawan semua praktek korupsi. Bahkan karena perjuangannya dalam melawan korupsi Yap Thiam Hien sempat dimasukkan ke sel tahanan sebanyak 2 kali oleh pemerintah Indonesia, yaitu tahun 1968 dan 1974.

Boen Kim To

8 Pejuang Keturunan Tionghoa yang Ikut Berjuang Demi Kemerdekaan Indonesia oleh SegiEmpatDi masa penjajahan Belanda nama Boen Kim To atau yang lebih dikenal dengan nama Tony Wen adalah salah satu pejuang yang paling dicari Belanda. Pasalnya Kim adalah seorang pejuang Tionghoa yang punya peran besar terhadap semua suplai logistik dan juga senjata.

Tony menjadi salah satu pahlawan yang berhasil menyelamatkan perekonomian Indonesia yang dimasa blockade Belanda dulu Indonesia dilanda masalah krisis mengerikan. Bahkan Tony tidak hanya membantu menyelamatkan keuangan Indonesia dan menyuplai senjata serta logistik. Ia juga sempat terjun langsung dalam mengusir para penjajah Belanda dari negeri Pertiwi.

Joe Hin Tjio

8 Pejuang Keturunan Tionghoa yang Ikut Berjuang Demi Kemerdekaan Indonesia oleh SegiEmpatLepas dari penjajahan Belanda, Indonesia harus kembali merasakan penindasan dari Jepang. Salah satu pejuang Indonesia yang gigih mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari Jepang adalah Joe Hin Tjio.

Namanya selama ini memang tidak banyak dikenal di tanah air, padahal nyatanya ia adalah salah satu pejuang bagi Indonesia tercinta. Joe sendiri bahkan sempat diculik dan ditahan oleh Jepang karena dianggap memberontak terhadap Jepang.

Setelah beberapa lama ditahan, Joe akhirnya sukses melarikan diri. Namun karena keadaan yang genting Joe akhirnya memilih untuk kabur ke Eropa. Disana keahliannya dalam dunia medis kembali sukses memperkenalkan nama Indonesia lewat temuannya yang berhasil mematahkan teori painter.

Tan Liong Houw

8 Pejuang Keturunan Tionghoa yang Ikut Berjuang Demi Kemerdekaan Indonesia oleh SegiEmpatSosok pria keturunan Tionghoa ini memang tidak banyak terlibat dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia, namun ia juga bisa disebut sebagai seorang pejuang yang mati-matian membela Indonesia. Di era kejayaannya Tan Liong Houw bahkan dikenal sebagai “Macan Betawi” di dunia sepakbola.

Tan Liong Houw yang punya nama lain Latief Harris Tanoto ini adalah salah satu pesepakbola yang ditakuti lawan. Bahkan saat membela Indonesia ia pernah berhasil membuat para pemain Uni Soviet kerepotan menghadapinya.

8 nama tersebut tercatat dalam sejarah, mau diakui atau tidak mereka sudah membuktikan kecintaannya terhadap Indonesia. Nah, haruskah kita mencaci mereka? Haruskah kita menghina mereka hanya karena mereka “berbeda” dengan kita? Sementara kita sendiri belum tentu bisa seperti mereka, kita sendiri bahkan tidak punya peran untuk bangsa sendiri.

Jaman memang sudah berbeda, Indonesia pun sudah tidak mengalami penjajahan oleh Negara lain. Namun kalau kita sendiri harus membenci mereka karena mereka keturunan Tionghoa, bukannya kita harus malu sebagai pribumi kita tidak bisa berbuat apa-apa demi bangsa ini?

* * * * *
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*