Hanya Andalkan Komoditas untuk Ekspor, Indonesia seperti VOC

Hanya Andalkan Komoditas untuk Ekspor, Indonesia seperti VOC

Hanya Andalkan Komoditas untuk Ekspor, Indonesia seperti VOC

RumahNKRI –¬†Ketua Forum Industri Pengguna Gas Bumi Achmad Safiun mengatakan, jika Indonesia masih menggantungkan ekspor hanya dari komoditas saja, hal ini tidak beda dengan VOC zaman dijajah¬†Belanda dahulu.

“Indonesia ekspor banyak bergantung pada komoditas. Ini tidak beda dengan VOC jaman Belanda dulu, ekspor rempah-rempah ke Eropa. Masa ratusan tahun, kita sudah merdeka, tidak berubah?” ujar Safiun dalam diskusi acara rapat Sinkronisasi Kebijakkan Bidang Perindustrian dengan Dunia Usaha, di Gedung Kementerian Perindustrian, Jumat (26/6/2015).

Ia mengatakan, ekspor komoditas itu sedang tidak baik saat ini. Permintaan komoditas dunia menurun karena ekonomi di dunia juga sedang melambat, pasokan pun berlebih. Akibatnya harga komoditas sedang jeblok.

Indonesia harus memperkuat hilirisasi, sehingga bahan baku tidak jual menjadi komoditas. Apabila bahan baku diolah, bisa memberikan nilai tambah.¬†“Indonesia jadi negera produsen barang jadi, industri manufaktur. Jangan hanya komoditas saja,” ujar Safiun. (Benediktus Krisna Yogatama)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*