Lima Jenis Musik yang Mampu Tingkatkan Produktivitas Kerja

Lima Jenis Musik yang Mampu Tingkatkan Produktivitas Kerja

Banyak manfaat yang bisa diambil dengan cara mendengarkan musik. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa musik memiliki efek relaksasi yang baik bagi proses kesembuhan. Pada bayi dalam kandungan, musik juga dipercaya mampu memengaruhi tingkat kecerdasan bayi.

Tapi, benarkah musik dapat meningkatkan semangat yang berpengaruh pada produktivitas kerja?

Teresa Lesiuk asisten profesor di Universitas Miami dalam program terapi musik, membuktikan efek dari mendengarkan musik pada kinerja pekerja. Menurut penelitiannya, orang-orang yang mendengarkan musik umumnya menyelesaikan tugas mereka lebih cepat dan lebih baik dan juga menghasilkan ide-ide yang baik daripada orang-orang yang tidak mendengarkan musik.

Secara keseluruhan, meskipun, musik dapat membantu Anda menjadi lebih produktif, tergantung pada jenis musik yang Anda dengarkan. DIlansir dari laman Lifehack, berikut adalah lima jenis musik yang akan meningkatkan tingkat motivasi dan produktivitas Anda.

1. Musik klasik

Musik klasik tidak hanya baik untuk bersantai. Sebuah penelitian yang melibatkan ahli radiologi  menunjukkan bahwa setelah mendengarkan musik klasik, tujuh dari delapan responden  mengaku tingkat suasana hati mereka meningkat dan mereka lebih mampu berkonsentrasi pada pekerjaan.

Untuk pemula, coba dengarkan musik berjudul ‘Four Seasons’ karya Vivaldi, atau Brandenburg Concerto oleh Bach.

2. Musik alam

Bayangkan hiking melalui hutan rimbun yang damai dan dikelilingi sungai yang mengalir. Atau bayangkan jika Anda berjalan di sepanjang pantai berpasir dengan hempasan ombak lembut menerpa kaki. Itulah yang suasana yang akan muncul ketika mendengarkan musik alam. Banyak yang mengakui bahwa musik alam mampu menenangkan saraf. Selain itu, mendengarkan musik alam juga dipercaya mampu tingkatkan kemampuan kognitif.

3. Musik epik

Mendengarkan musik epik mampu mememotivasi diri saat bekerja. Musik epik diartikan sebagai musik yang mampu menggugah emosi yang lebih menyentuh perasaan dan dramatis. Biasanya musik ini disisipkan pada dalam film pada adegan yang membangkitkan emosi. Beberapa jenis musik epik dengan beat tertentu dapat meningkatkan semangat sehingga mampu membuat Anda bergerak.

4. Musik video game

Senang atau tidak Anda bermain game, musik video game ternyata baik untuk meningkatkan produktivitas. Musik video game baik didengarkan saat bekerja karena komposisi yang diciptakan khusus untuk membantu Anda berkonsentrasi pada tugas kantor.

5. Musik Ambient

Musik ambient didefinisikan sebagai jenis musik yang menekankan nada dan suasana lebih pada struktur musik tradisional. Brian Eno, salah satu pelopor musik ambient mengatakan bahwa musik Ambient harus mampu mengakomodasi berbagai tingkatan perhatian dalam mendengarkan tanpa seseorang merasa terpaksa.

Sumber : viva.co.id

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*