Lima Kesalahan Penyebab Bibir Pecah-pecah

Lima Kesalahan Penyebab Bibir Pecah-pecah

RumahNKRI – Bibir pecah-pecah merupakan momok paling menyebalkan bagi setiap orang khususnya wanita. Meski terdengar sederhana, namun bibir pecah-pecah harus segera ditangani agar tidak terjadi iritasi atau luka.

Adapun penyebab terjadinya bibir pecah-pecah, salah satunya adalah faktor cuaca saat musim dingin. Pada saat itu, bibir akan menjadi kering, terlihat retak dan tidak menarik.

Namun itu bukan satu-satunya penyebab bibir tampak tidak sehat dan buruk. Berikut ini beberapa penyebab bibir pecah-pecah, seperti dilansir dari Glamour.

Menggunakan formula yang salah

Anda harus berhati-hati setiap akan mengaplikasikan lip balm atau lipstik pada bibir. Sebab tidak semua produk tersebut mengandung formula yang tepat atau dapat mengiritasi bibir Anda.

“Produk pendingin bibir yang mengandung bahan-bahan seperti mentol atau kamper dapat menyebabkan peradangan kulit dan kekeringan,” kata Joshua Zeichner, M.D selaku dermatolog dan Direktur Cosmetic & Clinical Research di Rumah Sakit Mount Sinai, New York City.

Zeichner merekomendasikan untuk memilih formula yang bebas wewangian atau melakukan scrubbing dengan gula pasir untuk mengatasinya.

Memakai lipstik seharian

Saat bibir bermasalah atau kering sebaiknya hindari menggunakan lipstik terlalu sering dalam kurun waktu yang lama. Jika Anda memiliki bibir pecah-pecah, Anda perlu menggunakan lip balm setiap kali Anda akan keluar ruangan.

“Pakailah lip balm saat Anda tidur dan sebelum Anda melangkah keluar ruangan untuk melindungi bibir Anda,” ujar Joanna Vargas, seorang facialist selebriti di New York.

Mengaplikasikan lip balm berkali-kali

Mengaplikasikan lip balm berkali-kali ternyata berpotensi membuat bibir pecah-pecah dan tampak semakin buruk. Mungkin awalnya dapat membantu bibir Anda, tetapi penggunaan berlebihan akan mengganggu kemampuan fungsi bibir Anda dengan baik.

Pada dasarnya, kekeringan pada bibir mengirimkan sinyal ke bibir Anda bahwa mereka perlu untuk menghasilkan lebih banyak pelembap. Sama seperti lipstik, jika Anda memulaskan lip balm seharian selama tujuh hari berturut-turut, bibir tidak akan memproduksi minyak alami dan akan membuatnya menjadi pecah-pecah.

Terlalu sering scrubbing

Jika Anda pernah melakukan scrubbing pada bibir Anda, Anda mungkin tahu bagaimana melakukan scrubbing yang baik. Hindari melakukan scrubbing setiap malam, justru dapat memperburuk kondisi bibir.

“Jangan berlebihan melakukan scrubbing. Cukup lakukan sekali seminggu, karena jika terlalu sering, berisiko akan mengiritasi dan membuat bibir lebih kering,” kata Elizabeth Tanzi, M.D selaku dokter kulit dan pendiri Capital Laser & Skin Care di Washington, DC.

Menjilati bibir

Bagi sebagian orang mungkin belum mengetahui bahwa menjilati atau membasahi bibir dengan air liur ternyata dapat menyebakan bibir menjadi kering hingga menderita eksim. “Menjilati bibir kering ternyata hanya membuat masalah lebih buruk. Tidak hanya meningkatkan kekeringan, tetapi sebenarnya dapat menyebabkan eksim jika Anda melakukannya secara berlebihan,” kata Tanzi.

Sumber : viva.co.id

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*