Panglima TNI dan Gagasan Acara Nusantara Bersatu

Panglima TNI dan Gagasan Acara Nusantara Bersatu

Panglima TNI dan Gagasan Acara Nusantara Bersatu

RumahNKRI – Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo kembali memberikan kuliah umum dan berbicara di kampus. Jika sebelumnya bicara di kampus Tri Sakti dan UKI, hari ini (29/11/2016), Gatot bicara di Kampus Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulah Jakarta. Di kampus ini, panglima kembali bicara tentang pentingnya menjaga NKRI.

Di UIN Jakarta, Gatot juga, menyinggung dan membenarkan bahwa acara Nusantara Bersatu, yang akan digelar serempak pada hari Rabu (30/11) diseluruh Indonesia, merupakan prakarsanya. Dan menurut Gatot, prakarsa itu justru terinspirasi dari pertemuannya dengan seorang pelajar kelas 1 SMP, yang memintanya untuk menjaga keutuhan NKRI.

Lalu d sela-sela kuliah umumnya, Panglima TNI kemudian menceritakan tentang bagaimana dia bertemu dengan pelajar kelas 1 SMP tadi, yang menggugah hatinya.

“Beberapa hari yang lalu saya tersentuh, seorang anak kelas satu SMP bicara kepada saya ‘enak yah Panglima TNI sekarang hidup,” ujar Gatot menirukan ucapan anak tersebut.

“Lho,memangnya kenapa Dek?

“Bapak harus menjaga Indonesia utuh. Panglima TNI hidup kan diwarisi oleh para pahlawan yang gugur mengorbankan darah, tenaga, dan nyawa. Kami seumur panglima belum tentu” cerita Gatot tentang pernyataan anak tersebut terhadapnya.

Gatot merasa bahwa pertemuannya dengan anak SMP tadi bukan sebuah kebetulan, karena beberapa jam setelah anak SMP tersebut meminta dirinya untuk menjaga persatuan NKRI, dirinya dihubungi seorang ulama besar, yang meminta hal yang sama dengan yang diucapkan anak tersebut.

“Bayangkan, beberapa jam kemudian seorang ulama besar, menelepon saya” urai Gatot lagi, tanpa menyebut nama ulama tersebut. Lalu Gatot menceritakan apa yang ulama itu katakan kepadanya:

“Pak Panglima, saya sudah mencium itu semuanya. Mari kita tunjukan Indonesia itu besar. Mari kita buat nusantara bersatu kumpul semua. Kalau perlu sorban saya, pake merah putih. Kita tunjukan seperti dulu,” cerita Gatot.

Gatot kembali menegaskan bahwa, ide acara tanggal 30 November nanti adalah ide dari seorang anak SMP dan ulama besar tadi. “Mungkin Tuhan berikan jalan, sehingga setelah anak SMP tadi, seorang ulama besar juga sampaikan seperti itu” kata Gatot dengan nada sungguh-sungguh.

Diahir ceritanya, Gatot meminta agar seluruh elemen, dengan berbagai latar belakang, untuk berpadu dalam derap pembangunan. Agar mengisi kemerdekaan yang telah diwariskan oleh para pejuang pendahulu dan pendiri Republik.

“Nusantara ini mesti bersatu dan semua elemen harus saling asah, asih dan asuh demi menjaga utuhnya ketahanan nasional” tutup Gatot

TNI akan menggelar acara yang bertajuk Nusantara Bersatu, yang akan diselenggarakan di hampir diseluruh wilayah Indonesia. Acara ini akan melibatkan semua elemen masyarakat. Menurut pantauan indeksberita.com, acara ini sudah tersosialisasi di berbagai media sosial dan lewat selebaran-selebaran.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*